Dalam mempelajari modul 4 kb 1 ini terdapat peningkatan pada diri saya diantaranya tentang pengertian rancangan pembelajaran inovatif dengan benar, memahami karateristik rancangan pembelajaran inovatif abad 21, Menyusun rancangan pembelajaran inovatif abad 21.
Adapun rancangan pembelajaran inovatif dalam hal ini dimaknai sebagai aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran terbaru di abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur pembelajaran terbaru yang dimaksud, antara lain; TPACK (technological, pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tuntutan Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity), kemampuan literasi, dan unsur-unsur lain yang terintegrasi dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajarannya.
Berikut ini karateristik rancangan pembelajaran inovatif abad 21, yaitu: 1) kolaborasi peserta didik dan guru 2) berorientasi HOTS 3) mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi 4) berorientasi pada ketrampilan belajar dan mengembangkan keterampilan abad 21(4C) 5) mengembangkan kemampuan literasi 6) penguatan Pendidikan karakter (PPK)
Penyusunan rancangan pembelajaran inovatif yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: 1) Unsur-unsur pembelajaran inovatif 2) menerapkan prinsip-prinsip RPP sesuai Permendikbud No.22 Tahun 2016, 3) RPP tidak memiliki format baku dalam penyusunan 4) mengikuti Langkah penyusunan rpp berdasarkan modul kurikulum 2013.
Tekniks dalam Menyusun rancangan pembelajaran abad 21 dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) identitas 2) Komptensi Inti (KI) 3) Komptensi Dasar dan Indikator Pencapaian Komptensi 4) Tujuan Pembelajaran 5) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) 6) Materi Pembelajaran 7) Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran 8) Media dan Bahan 9) Langkah-langkah pembelajaran 10) Penilaian 11) Pembelajaran remedial 12) pembelajaran pengayaan.
Dalam refleksi pembelajaran sehari-hari ada beberapa yang sudah saya masukan misalkan kolaborasi peserta didik dan guru dalam praktek, mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi.

No comments