Dalam mempelajari modul 4
kb 1 ini terdapat peningkatan pada diri saya diantaranya tentang pengertian
rancangan pembelajaran inovatif dengan benar, memahami karateristik rancangan
pembelajaran inovatif abad 21, Menyusun rancangan pembelajaran inovatif abad
21.
Adapun rancangan
pembelajaran inovatif dalam hal ini dimaknai sebagai aktivitas persiapan
pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran terbaru di
abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan
dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur
pembelajaran terbaru yang dimaksud, antara lain; TPACK (technological,
pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi
dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran
STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), HOTS (Higher
Order Thinking Skills), Tuntutan Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication,
Collaboration, Critical Thinking, Creativity), kemampuan literasi, dan
unsur-unsur lain yang terintegrasi dalam komponen maupun tahapan rencana
pembelajarannya.
Berikut ini karateristik rancangan
pembelajaran inovatif abad 21, yaitu: 1) kolaborasi peserta didik dan guru 2)
berorientasi HOTS 3) mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi 4) berorientasi
pada ketrampilan belajar dan mengembangkan keterampilan abad 21(4C) 5)
mengembangkan kemampuan literasi 6) penguatan Pendidikan karakter (PPK)
Penyusunan rancangan
pembelajaran inovatif yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: 1) Unsur-unsur
pembelajaran inovatif 2) menerapkan prinsip-prinsip RPP sesuai Permendikbud
No.22 Tahun 2016, 3) RPP tidak memiliki format baku dalam penyusunan 4) mengikuti
Langkah penyusunan rpp berdasarkan modul kurikulum 2013.
Tekniks dalam Menyusun rancangan
pembelajaran abad 21 dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) identitas 2)
Komptensi Inti (KI) 3) Komptensi Dasar dan Indikator Pencapaian Komptensi 4)
Tujuan Pembelajaran 5) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) 6) Materi
Pembelajaran 7) Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran 8) Media dan Bahan 9)
Langkah-langkah pembelajaran 10) Penilaian 11) Pembelajaran remedial 12)
pembelajaran pengayaan.
Dalam refleksi
pembelajaran sehari-hari ada beberapa yang sudah saya masukan misalkan kolaborasi
peserta didik dan guru dalam praktek, mengintegrasikan teknologi informasi dan
komunikasi.