Pada kegiatan belajar 2 yang saya pelajari saya mendapatkan pengetahuan tentang pengertian rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM dan Langkah-langkah penyusunan RPP dengan pendekatan STEAM. Adapun pengertian pembelajaran inovatif dengan pedekatan STEAM adalah segala persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun terintegrasi (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Langkah-langkah perancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM meliputi 1) merumuskan tujuan pembelajaran 2) menganalisis materi pembelajaran 3) menentukan model, dan metode pembelajaran 4) menentukan media, alat dan sumber belajar 5) Menyusun Langkah-langkah pembelajaran 6) penilaian pembelajaran 7) Menyusun kegiatan tindak lanjut.

Pada pembahasan modul ini saya meperhatikan bahwa Ketika hendak menerapkan STEAM maka kita perlu merumuskan tujuan pembelajarna yang baik yang memenuhi unsur ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree).

Pada refleksi saya saat mengajar belum menggunakan steam secara sepenuhnya.

No comments