Pada kegiatan belajar 2
yang saya pelajari saya mendapatkan pengetahuan tentang pengertian rancangan
pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM dan Langkah-langkah penyusunan
RPP dengan pendekatan STEAM. Adapun pengertian pembelajaran inovatif dengan pedekatan
STEAM adalah segala persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan
unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun
terintegrasi (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran
yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah perancangan
pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM meliputi 1) merumuskan tujuan
pembelajaran 2) menganalisis materi pembelajaran 3) menentukan model, dan
metode pembelajaran 4) menentukan media, alat dan sumber belajar 5) Menyusun Langkah-langkah
pembelajaran 6) penilaian pembelajaran 7) Menyusun kegiatan tindak lanjut.
Pada pembahasan modul ini
saya meperhatikan bahwa Ketika hendak menerapkan STEAM maka kita perlu
merumuskan tujuan pembelajarna yang baik yang memenuhi unsur ABCD (Audience,
Behavior, Condition, Degree).
Pada refleksi saya saat
mengajar belum menggunakan steam secara sepenuhnya.